Profil

 

PROFIL UPK KECAMATAN MANDE

  1. PENDAHULUAN

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat nikmat dan karunianya sampai sekarang kita masih diberi kesehatan dalam menjalankan aktifitas kegiatan sehari-hari. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kecamatan Mande berjalan sesuai yang direncanakan .Prinsip-prinsip PNPM-MP yaitu transparansi, keberpihakan kepada orang miskin, partisifasi dan kompetisi menjadi pengikat dan ciri khas PNPM-MP Kecamatan Mande.

 

Kecamatan Mande terletak di Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat.  Kecamatan Mande terdiri dari 12 desa dengan jumlah penduduk 63.773 jiwa dan 16.008 KK. Sebagain besar mata pencaharian warga sebagai petani selain itu ada pekerja sebagai buruh dan nelayan.

 

Sebanyak 67 % KK di Kecamatan ini dikategorikan sebagai KK miskin. Desa termiskin di Kecamatan Mande adalah Desa Leuwikoja, rata-rata penghasilan warga Rp 10.000; perhari. Sebagian besar atau 42 % warga kecamatan Mande ini berpendidikan Sekolah Dasar (SD).

 

Kecamatan Mande mulai mengikuti Program Pengembangan Kecamatan (PPK) sejak tahun 2003 atau pada Phase 2 siklus 4, siklus 5 dan siklus 6.  Setiap tahunnya dana alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp 1.000.000.000; (Satu Miliar Rupiah).  Dari alokasi dana sebesar itu didigunakan untuk membiayai usulan kegiatan meliputi kegiatan ekonomi, kegiatan sarana prasarana , kegiatan kesehatan dan kegiatan pendidikan .  Pada Tahun 2009 Kecamatan Mande mendapatkan PNPM Mandiri Perdesaan dengan alokasi dana sebesar Rp. 2.000.000.000,-. Dan pada tahun 2010 mendapatkan lagi alokasi dana PNPM MP sebesar Rp. 3.000.000,-

 

Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Mande  mulai Bulan Oktober 2006 sudah memiliki kantor sendiri yang beralamat di Jl. R. Aria Natamanggala  KM 10   Desa Kademangan Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur.

 

Pengurus UPK Mande bertekad untuk selalu komitmen terhadap apa yang telah diamanatkan oleh Forum Musyawarah Antar Desa (MAD) dan mempertanggungjawabkannya setiap akhir tahun anggaran dalam Musyawarah Antar Desa Pertanggungjawaban.

 

Dukungan dari segenap lapisan masyarakat kecamatan Mande dan instansi yang terkait akan sangat membatu aktifitas UPK Kecamatan Mande.

 

  1. RIWAYAT PENDIRIAN
  1. A.       Latar Belakang

Unit pengelola Kegiatan (UPK) merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Kecamatan (PPK). UPK dibentuk untuk kepentingan operasional PPK. Untuk menjamin proses pengelolaan kegiatan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dan berdasarkan pada azas  dan prinsip PPK, dan sekarang setelah datangnya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan sejak Tahun 2009 maka segala aturan main dan Standar Operasional Pelaksanaannya dsesuaikan dengan Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM MP yang merupakan integrasi dari PPK, maka dalam pengelolaannya dibutuhkan suatu organisasi yang dapat menjaga pelaksanaan program secara berkesinambungan sesuai azas, tujuan dan prinsip-prinsip PNPM MP.

Selain untuk menjamin keamanan, akuntabilitas serta penyaluran dana baik dari KPKN ke kecamatan maupun dari kecamatan ke desa melalui TPK, pendokumentasian atas setiap kegiatan juga dibutuhkan serta dalam rangka menjamin pencatatan maupun perngarsipannya.  Untuk itu dibentuk suatu Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang berkedudukan di kecamatan yang terpilih dan terbentuk dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) II.

 

  1. B.       Tanggal Pendirian

Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Mande berdiri pada tanggal 9 Oktober 2003 yaitu pada saat pelaksanaan Musyawarah Antar Desa (MAD) 2  yang dilaksanakan di Aula Desa Kademangan Kecamatan Mande.

 

C.       Proses Pemilihan Pengurus

Proses pemilihan pengurus diawali dengan pendaftaran calon yang direkomendasikan oleh kepala desa masing-masing calon. Ada 7 orang calon peserta dan setelah dilakukan seleksi test dan wawancara oleh FK tinggal 7 orang calon lagi. Pada tanggal 9 Oktober pada saat pelaksanaan MAD 2 dilakukan pemilihan secara langsung oleh peserta MAD 2  dimana calon memaparkan visi dan misinya terlebih dahulu. Dari 7 calon terpilih 3 orang sebagi pengurus UPK, yaitu uintuk posisi ketua, bendahara dan sekretaris untuk masa periode 2003-2004, yaitu sebagai berikut :

Ketua          : Titin Kurniawati   (Desa Bobojong)

Sekretaris    : Ninis Sunarti                 (Desa Sukamanah)

Bendahara   : Dede Sakura                (Desa Sukamanah)

 

Dan mulai tanggal 9 Oktober 2003 Pengurus UPK karena sudah disyahkan oleh forum sudah bisa melakukan tugasnya sesuai tupoksi masing-masing pengurus.

 

Kemudian pada saat Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggungjawaban UPK Pada tanggal 5 Pebruari 2005, dilakukan lagi pemilihan pengurus UPK untuk Periode 2005, dan dari hasil pemilihan tersebut maka ditetapkan kepengurusan UPK Kecamatan Mande sebagai berikut :

 

Ketua          : Titin Kurniawati             (Desa Bobojong)

Sekretaris    : Yadi Hendarsyah           (Desa Cikidangbayabang)

Bendahara   : Dede Sakura                (Desa Sukamanah)

 

Kepengurusan UPK ini kemudian ditetapkan lagi dalam MAD Pertanggungjawaban UPK Tahun 2005 untuk  Kepengurusan UPK Periode 2006-2008. Kemudian pada MAD Pertanggungjawaban UPK Tahun 2008, Kepengurusan UPK ini juga ditetapkan kembali sebagai Pengurus UPK Periode 2009-2011.

 

Pada 31 Januari 2011 bertepatan dengan MAD Pertanggungjawaban UPK Tahun 2010, Ketua UPK Kecamatan Mande yaitu Ibu Titin Kurniawati, SP secara resmi mengundurkan diri sebagai Ketua UPK Kecamatan Mande karena kesibukan yang bersangkutan di kegiatan dan pekerjaan lain. Dan untuk mengisi kekosongan posisi Ketua UPK maka Forum MAD menetapkan Sekretaris UPK yaitu Yadi Hendarsyah sebagai Pelaksana Tugas Ketua UPK Kecamatan Mande sampai dengan Desember 2011 sesuai dengan masa tugas UPK Kecamatan Mande Periode 2009 – 2011.

 

Hal itu juga berlaku bagi Karahcman yang sebelumnya menjadi staf UPK pada Mad Pertanggungajawaban itu ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris yang sebelumnya dijabat oleh Yadi Hendarsyah yang menjadi Pelaksana Tugas Ketua UPK Kecamatan Mande. Jadi untuk Tahun 2011 ini Kepengurusan UPK Kecamatan Mande adalah sebagai berikut

 

Ketua          : Yadi Hendarsyah           (Desa Cikidangbayabang)

Sekretaris    : Karachman                             (Desa Mulyasari)

Bendahara   : Dede Sakura                (Desa Sukamanah)

 

  1. REGULASI

 

 

Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Mande adalah Lembaga Operasional yang menerima mandat dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD). Penetapan Pengurus UPK Kecamatan Mande hasil Musyawarah Antar Desa di tetapkan dengan Keputusan Bupati.

 

Penetapan Pengurus UPK Kecamatan Mande Tahun 2011 ditetapkan Surat Keputusan Bupati Cianjur Nomor 48 Tahun 2011 Tanggal 15 Maret 2011 Tentang Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan Unit Pengelola Kegiatan Sementara (UPKS) Sebagai Pengelola Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Tahun 2011.

 

Kemudian untuk pengaturan Hak dan Kewajiban dalam pelaksanaan Operasional UPK Kecamatan Mande diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disahkan melalui Forum Musyawarah Antar Desa (MAD)

Standar Operasional dan Prosedur (SOP) adalah dokumen administrasi yang mengatur sistematika kerja dan hubungan antar unit/lembaga/institusi terkait sesuai uraian tugasnya, dalam sebuah organisasi secara terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

SOP dalam tata laksana organisasi UPK PNPM-MP atau Sebulan lain dibuat dengan maksud agar pelaku UPK PNPM-MP atau sebutan lain yang terikat dengan perjanjian kontrak dan perjanjian kerja dengan masyarakat yang diputuskan dalam MAD, agar :

  1. Memahami tugas dan tanggungjawabnya dalam kegiatan administrasi program dan UPK PNPM-MP.
  2. Mengetahui secara lebih rinci hak-haknya selama perjanjian  kerja .
  3. Mengetahui dan memahami tata cara pengadministrasian atas uraian tugasnya serta hak-haknya.
  4. Dapat mengadministrasikan dan mendokumentasikan pelaksanaan tugasnya secara tepat waktu dan benar sesuai program.

Dokumen SOP ini adalah dokumen yang tidak terpisahkan dari hasil kesepakatan dalam forum Musyawarah Antar Desa dan aturan–aturan yang berlaku dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), PTO PNPM-MP atau sebutan lain dan penjelasannya, serta mengikuti panduan yang telah dan akan diterbitkan oleh satker pembinaan PNPM-MP untuk kepentingan pengaturan administrasi lainya.

 

Standar Operasional Prosedur ini merupakan standar  yang mengatur mekanisme kerja  lembaga UPK agar hasil yang dicapai dapat terukur. Standar Operasional Prosedur  ini terdiri dari :

–        Standar Kerja Organisasi

–        Standar Pengelolaan Perguliran

–        Standar Pelaksanaan Program

4.   VISI, MISI DAN STRATEGI

 

 

———- VISI ———-

 

Terwujudnya UPK Mande sebagai Lembaga Keuangan Masyarakat (LKM) yang mandiri dan profesional.

 

———- MISI ———-

 

 

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  2. Meningkatkan kegiatan usaha ekonomi kecil
  3. Meningkatkan pendapatan keluarga
  4. Mengatasi permasalahan permodalan
  5. Terwujudnya kelompok SPP/SPC/UEP sebagai sub LKM.

 

 

———- STRATEGI ———-

 

 

  1. Menghimpun masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan LKM maupun Sub LKM
  2. Memfasilitasi terbentuknya kelompok SPP/SPC/UEP sebagai Sub LKM disetiap kampung di wilayah Kecamatan Mande
  3. Mengadakan pembinaan dan meningkatkan kemampuan administrasi maupun keahlian kelompok SPP/SPC/UEP sebagai nasabah UPK Mande
  4. Memberikan pinjaman modal bagi kelompok layak sesuai dengan prinsip-prinsip PNPM MP
  5. 5.  Meningkan fungsi dan peran pengurus UPK Mande
  6. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan pihak lain untuk kemajuan UPK Mande dan kelompok
  7. Bermusyawarah dalam penyelesaian masalah

 

 

5.     ORGANISASI

 

 

a.   Kepengurusan

 

Pengurus

Ketua                         : Yadi Hendarsyah

Sekretaris                  : Karachman

Bendahara                 : Dede Sakura

 

Biodata Pengurus

Ketua                         : Yadi Hendarsyah

Tempat tgl lahir                   : Cianjur, 19 Maret 1980

Alamat                       : Kp. Pasar Rt. 01/04 Desa Cikidangbayabang

Kecamatan Mande Cianjur

Agama                       : Islam

Pendidikan Terakhir   :  SMAN 2 Cianjur

 

Nama                         : Karachman

Tempat tgl lahir                   : Sumedang, 11 Desember 1963

Alamat                       : Kp.Bendungan Rt. 01/04 Desa Mulyasari

Kecamatan Mande Cianjur

Agama                       : Islam

Pendidikan Terakhir   : SLTA

 

Bendahara                 : Dede Sakura

Tempat tgl lahir                   : Cianjur,17 Oktober 1964

Alamat                       : Kp.Warung Nenggang 01/01 Desa Sukamanah

Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur

Agama                       : Islam

Pendidikan Terakhir   : D3 Managemen dan Keuangan STIE YPKP Bandung

 

  1. b.     Tugas Dan tanggung Jawab Pengurus UPK

 

Tugas dan tanggung jawab UPK secara umum

 

  1. Melakukan tugas pengadministrasian serta pengelolaan keuangan, pemeriksaan dan pelaksanaan yang menyangkut kepada pelaksanaan program dan pelestariaannya.
  2. Memimpin organisasi dan pengelolaan Kegiatan, melakukan segala perbuatan hukum untuk dan atas nama UPK serta mewakili UPK dihadapan dan diluar pengadilan
  3. Menyelenggarakan Forum MAD dan rapat pengurus untuk mempertanggungjawabkan kepada  Forum MAD mengenai pelaksanaan tugas kepengurusannya
  4. Menyelenggarakan administrasi organisasi antara lain:
  • Melakukan pencatatan dan memelihara buku daftar peserta PNPM-MP, daftar    pengurus UPK dan buku lainnya
  • Menyelenggarakan pembuktian keuangan dan buku inventaris secara  tertib dan teratur
  • Menyusun rencana kerja, anggaran pendapatan dan biaya UPK
  1. Mencairkan dana PNPM-MP atau sebutan lain kepada kelompok usaha dan tidak mengendapkan dana tersebut baik direkening maupun uang dalam bentuk kas.
  2. Merupakan pelaksana dari setiap keputusan dan kebijaksanaan yang dihasilkan dalam  Forum MAD
  3. Pengurus UPK berhak atas segala tindakan yang berhubungan dengan PNPM-MP menyangkut segala aspek  administrasi harian
  4. Bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana, administrasi dan dokumen PNPM-MP maupun kegiatan lain yang diamanatkan oleh BKAD melalui Forum MAD
  5. Melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok peminjam
  6. Membuat perencanaan keuangan yang terdiri dari Arus Kas dan RAPB
  7. Membuat pertanggung jawaban keuangan dan realisasi rencana kerja kepada BKAD melalui MAD
  8. Melakukan pembinaan penguatan kelompok peminjam dalam aspek kelembagaan, administrasi, permodalan, pengelolaan keuangan, pengelolaan pinjaman dan pengembangan usaha kelompok peminjam
  9. Membantu memfasilitasi peningkatan kapasitas kelompok pemanfaat melalui pelatihan, bimbingan lapangan dan pendampingan

 

Tugas dan tanggung jawab UPK secara khusus

 

  1. 1.     Pengurus UPK berkewajiban menyusun dan merencanakan pola kebijakan umum dalam pelaksanaan perguliran dengan mengacu kepada konsep perguliran dari PNPM-MP atau sebutan lain.

 

  1. 2.     Pengurus UPK bertindak dan bertanggung jawab kepada  BKAD melalui Forum MAD  atas pelaksanaan kebijakan – kebijakan yang telah direncanakan meliputi :

1)     Kebijakan yang menyangkut proses pelaksanaan dan pelestarian program

2)     Kebijakan mengenai penerimaan kelompok Usaha Ekonomi Produktif dan kelompok Simpan Pinjam Khusus Perempuan

3)     Kebijakan mengenai jumlah maksimal perguliran yang dapat diberikan kepada kelompok ekonomi produktif, dengan mempertimbangkan ketentuan sebagai berikut:

  • Skala usaha kelompok ekonomi produktif apakah sangat mikro, makro atau usaha kecil
  • Menentukan layak tidaknya kelompok ekonomi produktif untuk diberikan dana perguliran
  • Kesediaan menempatkan simpanan selama dalam masa perguliran kecuali kelompok Simpan Pinjam Khusus

4)     Kebijakan mengenai jangka waktu maksimum pengembalian pinjaman yang diberikan kepada kelompok selama 12 bulan

5)     Kebijakan untuk memperbaiki tingkat kesehatan dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun khususnya aspek financial, kelembagaan dan manajemen

6)     Kebijakan penandatanganan cek dan penandatanganan kontrak rangkap dua dan tanda tangan untuk penarikan dana simpanan di kas/bank dan operasional UPK

7)     Kebijakan dan usul mengenai pengalokasian keuntungan operasional UPK serta saran-saran amandemen terhadap AD/ART dan  Kebijakan mengenai penerimaan pegawai

8)     Kebijakan mengenai kegiatan program pendidikan dan pelatihan kelompok serta hubungan masyarakat

9)     Kebijakan yang sewaktu‑waktu dikuasakan oleh Forum MAD/BKAD atau sebutan lain.

10) Pengurus berkewajiban membuat laporan bulanan keuangan, laporan pertanggungjawaban serta tingkat kesehatan UPK dan dipertanggungjawabkan kepada BKAD melalui forum MAD dan intansi terkait.

11) Anggaran Biaya Operasional  disusun sesuai dengan kebutuhan yang realistis dan biaya operasional dikendalikan setiap bulan dengan cara membandingkan anggaran dan realisasinya.

12) Anggaran Operasional harus disusun rinci atas alokasi dan penggunaannya.

13) Total realisasi biaya operasional dan biaya non-operasional tidak boleh melebihi 75 % realisasi pendapatan jasa pinjaman tahun berjalan dan dikendalikan secara bulanan.

 

 

 

 

 

 

6.   BIDANG KEGIATAN DAN USAHA

 

 

  1. A.                                                                           PENGELOLAAN DANA PROGRAM

 

Perincian Kegiatan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) Yang telah dilaksanakan dari Tahun 2003 – 2005 :

 

SIKLUS 4 TAHUN 2003

 

KEGIATAN PRASARANA FISIK

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Ciandam

Perkerasan Jalan

3132m x 3m

186.272.328,-

Pengaspalan Jalan

1680m x 3m

142.856.250,-

2

Mekarjaya

Pengaspalan Jalan

2500m x 3m

173.557.587,-

3

Kutawaringin

Pengaspalan Jalan

3565m x 3m

237.583.586,-

4

Mulyasari

Pengaspalan Jalan

1488m x 3m

86.680.249,-

Jumlah

826.950.000,-

 

KEGIATAN PENDIDIKAN

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Cikidangbayabang

Beasiswa

49 siswa

28.050.000,-

Jumlah

28.050.000,-

 

KEGIATAN EKONOMI

No

Desa

Jenis Kegiatan

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Biaya

(Rp)

1

Mekarjaya

S P P

3

25

9.500.000,-

2

Leuwikoja

S P P

1

31

9.500.000,-

3

Kutawaringin

S P P

2

26

6.500.000,-

4

Sukamanah

S P P

2

20

8.000.000,-

5

Ciandam

S P P

2

30

9.500.000,-

6

Jamali

S P P

4

23

9.500.000,-

7

Kademangan

S P P

1

15

5.000.000,-

8

Mulyasari

S P P

1

24

9.500.000,-

9

Bobojong

S P P

1

19

9.500.000,-

10

Cikidangbayabang

S P P

1

25

9.000.000,-

11

Mande

S P P

1

12

9.500.000,-

Jumlah

19

260

95.000.000,-

 

 

 

 

 

SIKLUS 5 TAHUN 2004

 

KEGIATAN FISIK KESEHATAN

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Murnisari

Saluran Irigasi

485 m

44.607.414,-

2

Kutawaringin

MCK

3 unit

37.926.066,-

3

Sukamanah

Bendungan Irigasi

1 unit

65.441.656,-

4

Jamali

Air Bersih

1 unit

296.595.784,-

MCK

4 unit

5

Leuwikoja

Air Bersih

1 unit

52.284.000,-

MCK

4 unit

53.719.080,-

Jumlah

550.574.000,-

 

KEGIATAN PENDIDIKAN

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Kademangan

Beasiswa

86 siswa

27.676.000,-

2

Mande

Beasiswa

86 siswa

31.250.000,-

Jumlah

58.926.000,-

 

KEGIATAN EKONOMI

SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP)

No

Desa

Jenis Kegiatan

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Biaya

(Rp)

1

Mekarjaya

S P P

1

5

9.500.000,-

2

Kutawaringin

S P P

1

17

9.500.000,-

3

Sukamanah

S P P

2

30

9.500.000,-

4

Jamali

S P P

1

15

9.500.000,-

5

Kademangan

S P P

1

19

9.500.000,-

6

Mulyasari

S P P

1

11

9.500.000,-

7

Bobojong

S P P

2

19

9.500.000,-

8

Cikidangbayabang

S P P

1

10

9.500.000,-

9

Murnisari

S P P

2

14

9.500.000,-

10

Mande

S P P

1

9

9.500.000,-

Jumlah

13

149

95.000.000,-

 

USAHA EKONOMI PRODUKTIP (UEP)

No

Desa

Jenis Kegiatan

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Biaya

(Rp)

1

Kademangan

UEP

4

27

44.700.000,-

2

Mulyasari

UEP

4

45

68.500.000,-

3

Bobojong

UEP

6

77

76.800.000,-

4

Cikidangbayabang

UEP

2

48

55.500.000,-

Jumlah

19

260

245.500.000,-

 

SIKLUS 6 TAHUN 2005

 

KEGIATAN FISIK

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Mekarjaya

MCK

4 unit

57.119.000,-

2

Kutawaringin

Tambah Lokal SD

3 lokal

105.526.000,-

3

Sukamanah

Saluran Irigasi

523 m

49.210.000,-

4

Jamali

Posyandu

2 unit

19.200.000,-

5

Kademangan

Perkerasan Jalan

600m x 2,5m

81.767.000,-

6

Mulyasari

Sarana Air Bersih

1 unit

73.297.000,-

7

Bobojong

Perkerasan Jalan

2400m x 2,5m

167.468.000,-

8

Cikidangbayabang

MCK

4 unit

52.227.000,-

9

Murnisari

Jembatan Gantung

45m x 1,5m

123.857.000,-

10

Mande

Perkerasan Jalan

2141m x 2,5m

125.329.000,-

Jumlah

749.474.000,-

 

SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP)

No

Desa

Jenis Kegiatan

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Biaya

(Rp)

1

Mekarjaya

S P P

1

5

5.000.000,-

2

Kutawaringin

S P P

1

18

9.500.000,-

3

Sukamanah

S P P

1

18

9.500.000,-

4

Leuwikoja

S P P

1

16

9.500.000,-

5

Kademangan

S P P

1

6

8.500.000,-

6

Mulyasari

S P P

1

6

9.000.000,-

7

Bobojong

S P P

2

25

9.200.000,-

8

Cikidangbayabang

S P P

1

7

6.500.000,-

9

Murnisari

S P P

1

11

9.500.000,-

10

Ciandam

S P P

2

22

9.300.000,-

11

Mande

S P P

1

9

9.500.000,-

Jumlah

13

149

95.000.000,-

 

Perincian Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP) Yang telah dilaksanakan :

 

 

 

TAHUN ANGGARAN 2009

 

KEGIATAN FISIK

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Kademangan

Ambulan Desa

1 unit

163.000.000

2

Bobojong

Posyandu

4 unit

110.384.400

3

Cikidangbayabang

Pasar Desa

1 unit

108.405.000

4

Mande

Pengaspalan Jalan

850 m’

109.391.500

5

Mulyasari

Perkerasan Jalan

1200 m’

132.923.300

6

Jamali

Saluran Irigasi

460 m’

103.140.600

7

Ciandam

Pengaspalan Jalan

1141 m’

146.272.800

8

Sukamanah

Pengaspalan Jalan

1200 m’

148.102.500

9

Leuwikoja

Pembukaan Jalan

1200 m’

178.726.000

10

Mekarjaya

Pengaspalan Jalan

1350 m’

177.007.000

11

Kutawaringin

Poskesdes

1 unit

66.672.000

12

Murnisari

Pasar Desa

1 unit

76.974.900

Jumlah

1.521.000.000

 

SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP)

No

Desa

Jenis Kegiatan

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Biaya

(Rp)

1

Kademangan

S P P

3

23

23.000.000

2

Bobojong

S P P

5

33

33.000.000

3

Cikidangbayabang

S P P

3

23

23.000.000

4

Mande

S P P

4

29

29.000.000

5

Mulyasari

S P P

3

30

30.000.000

6

Jamali

S P P

4

38

38.000.000

7

Ciandam

S P P

4

40

40.000.000

8

Sukamanah

S P P

4

39

39.000.000

9

Leuwikoja

S P P

3

30

30.000.000

10

Mekarjaya

S P P

4

36

36.000.000

11

Kutawaringin

S P P

3

30

30.000.000

12

Murnisari

S P P

3

28

28.000.000

Jumlah

43

379

379.000.000

 

TAHUN ANGGARAN 2010

 

KEGIATAN FISIK

No

Desa

Jenis Kegiatan

Volume

Biaya

(Rp)

1

Kademangan

Gorong-gorong

1 unit

13.026.000

Pasar Desa

1 unit

127.000.000

2

Bobojong

MCK

8 unit

131.452.000

3

Cikidangbayabang

Pengaspalan Jalan

2.5m x 995m

100.168.000

Pengembangan AB

1432m’

95.378.000

4

Mande

Pengaspalan Jalan

2.5mx1480m’

155.799.000

5

Mulyasari

Poskesdes

1 unit

70.824.000

Saluran Irigasi

400 m’

49.294.500

6

Jamali

MCK

4 unit

65.726.000

Pengaspalan Jalan

2.5mx1500m

153.318.000

7

Ciandam

MCK

4 unit

65.726.000

Pengaspalan Jalan

2.5mx2175m

241.000.000

8

Sukamanah

Saluran Irigasi

448 m,

41.023.000

Pengaspalan Jalan

2.5mx1280m

146.044.000

9

Leuwikoja

Gedung TK

2 ruang

74.559.500

Poskesdes

1 unit

76.343.500

10

Mekarjaya

Perkerasan Jalan 1

2.5mx700m

118.147.000

Perkerasan Jalan 2

2.5mx2650m

262.453.000

11

Kutawaringin

Pengaspalan Jalan

2.7mx2300m

282.066.000

12

Murnisari

Gedung TK

2 ruang

72.052.000

MCK

3 unit

49.294.500

Jumlah

2.399.500.000

 

 

 

SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP)

No

Desa

Jenis Kegiatan

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Biaya

(Rp)

1

Kademangan

S P P

6

40

40.000.000

2

Bobojong

S P P

3

20

20.000.000

3

Cikidangbayabang

S P P

4

36

36.000.000

4

Mande

S P P

7

53

59.000.000

5

Mulyasari

S P P

4

30

30.000.000

6

Jamali

S P P

4

40

40.000.000

7

Ciandam

S P P

6

60

60.000.000

8

Sukamanah

S P P

5

41

41.000.000

9

Leuwikoja

S P P

3

28

28.000.000

10

Mekarjaya

S P P

4

29

29.000.000

11

Kutawaringin

S P P

1

10

12.500.000

12

Murnisari

S P P

7

55

55.000.000

Jumlah

54

442

450.500.000

 

 

  1. B.                                                                     PENGELOLAAAN DANA BERGULIR

 

  1. 1.       Modal Awal

 

Modal UPK Mande berasal dari dana Ekonomi Program yaitu Dana SPP dan UEP, dengan perincian sebagai berikut :

PPK TA 2003                             SPP              Rp.        95.000.000

PPK TA 2004                             SPP              Rp.        95.000.000

UEP             Rp.      245.500.000

PPK TA 2005                             SPP              Rp.        95.000.000

PNPM MP TA 2009           SPP              Rp.      379.000.000

PNPM MP TA 2010           SPP              Rp.      450.500.000

Jumlah                                              Rp. 1.360.000.000

 

  1. 2.       Perkembangan Perguliran

Perkembangan Perguliran sampai dengan 31 Mei 2011 adalah sebagai berikut :

 

SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP)

No

Desa

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Alokasi Pinjaman

(Rp.)

%

Pngm

balian

1

Mekarjaya

15

288

309,900,000

98.7%

2

Leuwikoja

10

312

395,100,000

100%

3

Kutawaringin

13

272

274,500,000

100%

4

Sukamanah

17

549

707,700,000

98.7%

5

Ciandam

19

854

1,133,400,000

99.3%

6

Jamali

22

747

1,024,000,000

100%

7

Kademangan

35

964

1,240,100,000

99.2%

8

Mulyasari

14

252

335,000,000

98.6%

9

Bobojong

21

552

681,700,000

98.3%

10

Cikidang Bayabang

11

279

373,000,000

99.6%

11

Murnisari

18

282

288,500,000

99.3%

12

Mande

28

679

1,087,000,000

99.5%

JUMLAH

223

6030

7.849.900.000

99.3%

 

USAHA EKONOMI PRODUKTIF (UEP)

No

Desa

Jumlah Kelompok

Jumlah Anggota

Alokasi Pinjaman

(Rp.)

%

Pngm

balian

1

Mekarjaya

1

21

9,400,000

87.3%

2

Leuwikoja

3

Kutawaringin

1

22

41,500,000

95.6%

4

Sukamanah

5

133

217,000,000

100.0%

5

Ciandam

10

452

713,500,000

99.3%

6

Jamali

1

62

116,500,000

100.0%

7

Kademangan

8

56

93,000,000

95.0%

8

Mulyasari

15

406

676,500,000

99.0%

9

Bobojong

24

796

1,211,300,000

97.1%

10

Cikidang Bayabang

2

46

55,500,000

90.2%

11

Murnisari

4

234

413,500,000

97.6%

12

Mande

5

85

105,500,000

97.5%

JUMLAH

76

2.313

3.653.200.000

98%

 

  1. 3.     Perkembangan Kelompok

 

No

Desa

Jumlah Kelompok Awal

Jumlah Kelompok saat ini

Peningkatan Kelompok

%

Partum

buhan

1

Mekarjaya

9

16

7

78%

2

Leuwikoja

5

10

5

100%

3

Kutawaringin

8

14

6

75%

4

Sukamanah

9

22

13

144%

5

Ciandam

8

29

21

263%

6

Jamali

9

23

14

156%

7

Kademangan

10

43

33

330%

8

Mulyasari

10

29

19

190%

9

Bobojong

16

45

29

181%

10

Cikidang Bayabang

8

13

5

63%

11

Murnisari

6

22

16

267%

12

Mande

7

33

26

371%

JUMLAH

105

299

194

185%

 

7.   MEKANISME PERGULIRAN

 

 

Kegiatan Perguliran di UPK Kecamatan Mande dilaksanakan setiap 6 bulan sekali (semester) yaitu pada Bulan Juni dan Desember, Tetapi untuk penerimaan proposal bisa dilakukan kapan saja, namun untuk Verifikasinya baru dilaksanakan setiap Bulan Juni dan Desember.

 

Verifikasi Bulan Juni diperuntukan bagi kelompok baru dan Kelompok lama yang telah meminjam ke UPK dan waktu pelunasan pinjamannya antara Bulan Juli-Desember  Jadi dari Hasil Verifikasi yang kemudian ditetapkan di MAD Perguliran sebagai Daftar Prioritas Kelompok untuk pencairan dari Juli-Desember.

 

Verifikasi Bulan Desember diperuntukan bagi kelompok baru dan Kelompok lama yang telah meminjam ke UPK dan waktu pelunasan pinjamannya antara Bulan Januari-Juni Jadi dari Hasil Verifikasi yang kemudian ditetapkan di MAD Perguliran sebagai Daftar Prioritas Kelompok untuk pencairan dari Juli-Desember.

Adapun mekanisme dan aturan perguliran di UPK Kecamatan Mande adalah sebagai berikut :

 

  1. Pemberitahuan UPK mengenai penerimaan proposal pengajuan kredit.
    1. Melalui surat pemberitahuan kepada Kepala Desa, TPK dan Kelompok
    2. Melalui pengumuman tertulis yang ditempel di papan informasi PPK
    3. Pemberitahuan meliputi batas waktu penerimaan proposal oleh UPK

 

  1. Batasan jumlah anggota peminjam dan jumlah ajuan pinjaman.
    1. Jumlah anggota peminjam

1)       Jumlah anggota peminjam untuk kelompok SPP maksimal 15 orang

2)       Jumlah anggota peminjam untuk kelompok UEP maksimal 10 orang

  1.    Jumlah Ajuan Pinjaman untuk Kelompok SPP dan UEP :

Pinjaman pertama         : Anggota maksimal       Rp.   1.000.000,-

Kelompok maksimal      Rp. 10.000.000,-

Pinjaman kedua            : Anggota maksimal       Rp.   1.500.000,-

Kelompok maksimal      Rp. 15.000.000,-

Pinjaman ketiga            : Anggota maksimal       Rp.   2.000.000,-

Kelompok maksimal      Rp. 20.000.000,-

Pinjaman keempat        : Anggota maksimal       Rp.   2.500.000,-

Kelompok maksimal      Rp. 25.500.000,-

Pinjaman kelima dan    : Anggota maksimal       Rp.   3.000.000,-

seterusnya                               Kelompok maksimal      Rp. 30.000.000,-

 

  1. Penerimaan Proposal pengajuan pinjaman oleh UPK
    1. Proposal harus diketahui dan ditandatangani oleh Kepala Desa
    2. Proposal harus dilampiri Surat Pengantar dari Kepala Desa
    3. Dilampiri KTP calon anggota peminjam yang masih berlaku
      1. Proposal yang belum memenuhi persyaratan tidak akan diterima oleh UPK

 

  1. Verifikasi
    1. Tim Verifikasi adalah warga masyarakat Kecamatan Mande selain pengurus UPK Kecamatan Mande yang direkomendasikan oleh UPK dan ditetapkan serta disahkan melalui forum MAD.
    2. Tim Verifikasi memiliki kewenangan penuh dalam kegiatan verifikasi
    3. Pembahasan Awal Tim Verifikasi

1)     Kegiatan Pembahasan Awal Verifikasi dihadiri oleh Tim Verifikasi, UPK, BP-UPK dan PjOK.

2)     Pemeriksaan kelengkapan proposal

3)     Pembuatan jadwal verifikasi di lapangan

4)     Pemberitahuan jadwal verifikasi kepada kelompok-kelompok yang mengajukan proposal

  1. Kegiatan Verifikasi di Lapangan

1)     Verifikasi dilaksanakan di Sekretariat kelompok dan tempat usaha calon anggota kelompok peminjam

2)     Penilaian Tim Verifikasi meliputi :

a)   Kondisi dan kegiatan kelompok

b)   Administrasi kelompok

c)   Kondisi usaha calon anggota kelompok peminjam

  1. Pembahasan Akhir Verifikasi

1)       Kegiatan Pembahasan Akhir Verifikasi dihadiri oleh Tim Verifikasi, UPK, BP-UPK dan PjOK.

2)       Menyusun penilaian akhir kelompok untuk menentukan kelayakan kelompok

3)       Hasil Penilaian Tim Verifikasi adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

 

  1. Musyawarah Antar Desa (MAD) Perguliran
    1. Laporan Tim Verifikasi mengenai hasil kegiatan verifikasi dan penilaian kelompok
    2. Perangkingan kelompok SPP dan UEP yang dinyatakan layak dengan rekomendasi dari UPK dan Tim Verifikasi.
    3. Penetapan dan pengesahan Daftar Prioritas Kelompok SPP dan UEP

 

  1. Pencairan dana SPP dan UEP
    1. UPK Kecamatan Mande akan melaksanakan pencairan dana perguliran kepada kelompok SPP dan UEP dengan mengacu pada Daftar Prioritas Kelompok SPP dan UEP, dan juga disesuaikan dengan kondisi keuangan di UPK.
    2. Untuk kelompok SPP dan UEP yang masih mempunyai angsuran ke UPK, maka pencairan dana pinjaman untuk kelompok tersebut akan dilakukan setelah kelompok tersebut melunasi angsuran sesuai jadwal angsuran, meskipun kelompok tersebut termasuk kelompok unggulan dalam Daftar Prioritas Kelompok SPP dan UEP.
    3. Pendanaan bagi kelompok yang sudah terdaftar dalam Prioritas Kelompok SPP dan UEP bisa ditangguhkan pendanaannya apabila tunggakan kategori kelompok SPP dan UEP di desa kelompok tersebut di atas dari 10% meskipun kumulatif tunggakan SPP dan UEP di desa tersebut di bawah 10%.

8.   INVENTARIS

 

Inventaris UPK Kecamatan Mande sampai dengan 31 Mei 2011 ini :

v  Tanah dan bangunan seluas 90 m2 yang dibeli pada Tahun 2007 dengan harga Rp. 40.000.000,-, kemudian pada tahun 2009 mendapat bantuan sebesar Rp. 30.000.000,- dari Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk pengembangan bangunan.

v  1 (satu) buah motor Honda Win

v  1 (satu) buah laptop

v  4 (empat) set computer, dimana 2 dari 4 komputer tersebut adalah bantuan dari Kemenkokesra pada tahun 2008. 1 dari empat computer tersebut sekarang sudah tidak bias dioperasikan lagi.

v  3 (tiga) buah lemari arsip

v  7 (tujuh) buah meja tulis

v  1 (set) kursi tamu

v  15 (lima belas) buah kursi plastic

v  1 (satu) buah mesin penghitung uang

v  Canopy areal parker

v  1 (satu) buah TV LCD Sanyo 32”, hadiah dari undian Simpedes BRI Tahun 2011

 

9.  PENUTUP

 

Demikian profil Unit Pengelola Kegiatan (UPK) kecamatan Mande yang bisa kami sampaikan  dari  mulai berdiri sampai Mei 2011. Semoga bisa bermanfaat untuk yang berkepentingan dan merupakan gambaran umum yang bisa dipertanggungjawabkan.

 

Kami sebagai Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Mande selalu senantiasa memohon bantuan, saran dan kritik yang membangun agar dapat dijadikan bahan evaluasi dan intropeksi kami dalam melaksanakan segala mandat yang telah ditetapkan dalam Musyawarah Antar Desa.

 

Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada kami UPK Kecamatan Mande, semoga lebih berkembang lagi di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

                                                                      Mande, 31 Mei 2011

                                                                    Hormat kami

                                                                  Pengurus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: